Senin, 08 Juli 2013

Beberapa Alasan Berjualan Online dari 15 Pengusaha Sukses (Part 2)

Posted by antoe santoso  |  at  12.39 No comments

TP - Jawaban yang paling banyak dikemukakan oleh pengusaha saat ditanya tentang apa alasan utamanya memutuskan untuk jualan online adalah kemudahan akses internet dan murahnya biaya yang diperlukan. Selain itu, masih banyak alasan mengapa seseorang mau menjalankan bisnis online. Berikut rangkuman alasan dari profil pengusaha online
sukses yang pernah diwawancara maupun ditulis kisahnya oleh Netpreneur Indonesia.
  1. Mengangkat makanan tradisional ke ranah global – Reza Nurhilman (Pemilik “Keripik Maicih”)
    Reza Nurhilman / Keripik Maicih
    Salah satu alasan Reza Nurhilman membawa produk keripik Maicih ke ranah internet adalah cita-citanya membawa makanan tradisional tersebut agar dapat bersaing di kancah global.
    “Karena saya ingin mengangkat makanan tradisional. Selain itu, setahu saya usaha kebutuhan primer, seperti makanan, memiliki tingkat repeat order yang tinggi. Modal awal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Jujur saya ingin produk tradisional ini dapat bersaing dengan produk lain secara global.”
    Baca juga: Reza Nurhilman – Tak Kenal Lelah Merintis Usaha Keripik “Maicih”
  2. Mendapat pesanan dari orang yang unexpected – Jacquie Lawson (Pemilik toko kartu ucapan online www.JacquieLawson.com)
    Jacquie Lawson / Kartu Ucapan Online
    Hobi menggambar dari nenek berusia 69 tahun ini membawanya merintis sebuah bisnis online berbasis jasa. Siapa sangka, bisnis kartu ucapan besutan Jacquie ini sudah berusia 11 tahun. Awalnya, Jacquie hanya mengirim kartu ucapan elektronik buatannya ke 30 sahabat. Ternyata, kartu ucapan elektronik tersebut telah menyebar di mana-mana hingga ribuan orang yang mengirimkan email untuk memesan kartu ucapan versi terbaru.
    “Melihat banyaknya orang yang menggunakan kartu ucapan elektronik tersebut, teman saya yang bernama Andrew Dukes menyarankan agar proyek kartu elektronik ini dijadikan bisnis profesional. Bulan Februari tahun 2002, situs www.JacquiLawson.com menjadi situs penjualan e-cards.”
    Baca Juga: Seorang Nenek Menjalani Bisnis Online Sejak 11 Tahun Lalu
  3. Menjadi penghubung kebutuhan konsumen – Asmi Ryu (Pemilik “BBKUOKESHOP”)
    Asmi Ryu / BBKUOKESHOP
    Alasan perempuan berusia 20 tahun ini membuka BBKUOKESHOP adalah supaya konsumen tidak perlu repot-repot menghadang kemacetan di Jakarta untuk membeli produk aksesori Blackberry maupun gadget lainnya.
    “Kemajuan teknologi sekarang sudah maju dan pesat. Sementara kebutuhan semakin banyak. Namun, terkadang konsumen hanya memiliki waktu yang sedikit untuk berbelanja. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menggunakan kemajuan teknologi supaya konsumen mudah mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus bersusah payah dan terkena macet di jalan. Tentunya, dengan harga yang bersaing di pasaran.”
    Baca juga: Asmi Ryu – Kejujuran Kunci Utama Keberlangsungan BBKUOKESHOP
  4. Tren penjualan lewat internet sedang tinggi – Deny Himawan (pemilik “Kayumas Bikeshop”)
    Deny Himawan / Kayumas Bikeshop
    Deny Himawan meneruskan bisnis keluarganya yang telah dibangun sejak tahun 1977 ini lewat internet. Kini Deny mengandalkan sebuah e-commerce dan toko offline yang didirikan oleh orang tuanya.
    “Saya melihat penjualan online saat ini sedang bagus. Akhirnya, saya memutuskan untuk berjualan secara online”
    Baca juga: Deny Himawan – Pantang Menyerah Merintis Kayumas Bike yang Didirikan Tiga Puluh Enam Tahun Lalu
  5. Kemacetan Jakarta yang digabungkan dengan hobi fotografi – Hendri Kusuma (Pemilik “Berkamera.com”)
    Hendri Kusuma / Berkameradotcom
    Pria asal Banjarnegara, Jawa Tengah, ini memulai bisnis aksesori kamera lewat internet sejak tahun 2005. Bukan jalan mulus, Hendri pun harus menemui beberapa kendala. Salah satunya terkait pembuatan situs toko online-nya. Kini, Hendri mendapatkan profit sebesar 30% dari penjualan produk-produknya.
    “Menurut saya, Jakarta ‘kan sudah macet, ya. Lalu, semakin ke sini, teknologi juga semakin maju. Untuk itu, saya buka toko online. Misalnya, ada orang yang posisinya di Pondok Indah mau beli satu buah charger di Mangga Dua. Dari Pondok Indah ke Mangga Dua pasti macet. Belum nanti muter-muter di Mangga Dua mencari toko yang tepat. Dengan adanya toko online, dia cukup bayar ongkos kirim saja sekitar 8.000 rupiah”
    Baca juga: Berkamera.com: Keuntungan Tak Sebatas Uang Saja
  6. Internet adalah teknologi yang powerful dan efektif – Ibeng Aprilio (Pemilik “Fixielicious”)
    Fixielicious, toko online milik Ibeng Aprilio
    Ibeng Aprilio mengedepankan manfaat untuk dirinya dan orang lain dalam berbisnis onderdil sebuah jenis sepeda, yakni fixie. Bisnis yang berbasis di Yogyakarta ini pun dimulai ketika tren sepeda fixie sedang mengakar di Indonesia.
    “Koneksi internet adalah sebuah tool yang sangat powerful dalam segala bidang, termasuk dalam berbisnis. Pemasaran secara online dilakukan karena efektif. Bisnis masih bisa berjalan tanpa harus memiliki toko konvensional atau toko offline.”
    Baca juga: Fixielicious – Berbisnis Online untuk Diri Sendiri dan Seller Lain
  7. Minim modal, keuntungan maksimal – Imilia Lekawati (Pemilik “IML Shop”)
    Imilia Lekawati / IML Shop
    Banting setir dari pegawai kantoran menjadi ibu rumah tangga ternyata membuat Imilia tak betah berdiam diri. Akhirnya, bisnis fashion lewat internetlah yang dipilh Imilia untuk mengisi aktivitasnya sehari-hari. Berawal dari coba-coba bermodalkan smartphone dan menjadi reseller, kini Imilia menginginkan suatu saat IML Shop menjadi sumber penghasilan utamanya.
    “Modal yang saya miliki sangat kecil, bahkan bisa dibilang nol. Saya merintis IML Shop dengan bermodalkan smartphone. Pada awalnya, IML Shop merupakan bisnis reseller. Saya menyebarluaskan foto-foto produk yang dijual teman saya lewat grup dan foto profil di smartphone yang saya miliki. Ketika ada calon pembeli yang memesan, barulah saya belanja dari pemasok saya. Sistem jualan seperti ini saya lakukan karena saya memang benar-benar tidak memiliki modal, bahkan untuk mengisi stok barang. Inilah yang menjadi penyebab saya memilih berbisnis secara online,”
    Baca juga: Imilia Lekawati – Tak Segan Tinggalkan Karir Demi Merintis “IML Shop”
Bersambung ke bagian dua

Tags:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Flag Counter
© 2013 Taktik Promosi. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top